Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) Pulau Pari

Wisata Pulau Pari

Badan Riset Dan Inovasi Nasional atau disingkat BRIN di Pulau Pari merupakan pengganti nama sebelumnya yaitu LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sejak 5 Mei 2021 melalui Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021 BRIN ditetapkan sebagai satu-satunya badan penelitian nasional. Sehingga, lembaga-lembaga riset lain secara otomatis turut dilebur dalam BRIN

Adapun tugas dari lembaga ini, seperti dilansir dari laman Brin.go.id adalah sebagai berikut:

1. Pelaksanaan pengarahan dan penyinergian dalam penyusunan pencernaan,progam, anggaran ,dan Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bidang Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan.

2. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang standar kualitas lembaga penelitian, sumber daya manusia,sarana dan prasarana riset dan teknologi, penguatan inovasi dan riset serta pengembangan teknologi, penguasa alih teknologi, penguatan kemampuan audit teknologi, perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, percepatan penguasa , pemanfaatan dan pemajuan riset dan teknologi.

3. Koordinasi Penyelenggaraan Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

4. Penyusunan rencana induk ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. Fasilitas perlindungan Kekayaan Intelektual dan pemanfaatannya sebagai hasil Invensi dan Inovasi nasional sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

6. Penetapan wajib serah dan wajib simpan atas seluruh data primer dan keluaran hasil penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan.

7. Penetapan kualifikasi profesi peneliti, perekayasa, dan sumber daya manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

8. Fasilitas pertukaran informasi Ilmu Pengetahuan Teknologi antar unsur Kelembagaan Pengetahuan dan Teknologi.

9. Pengelolaan sistem informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional.

10. Pembinaan penyelenggaraan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

11. Perizinan pelaksanaan kegiatan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan penerapan serta invensi dan Inovasi yang beresiko tinggi dan berbahaya dengan memperhatikan standar nasional dan ketentuan yang berlaku secara internasional.

12. Pengawasan terhadap pencernaan dan pelaksanaan Penyelenggaraan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai dengan rencana induk pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

13. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang kelembagaan, sumber daya, penguatan riset dan pengembangan, serta penguatan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

14. Pemberian izin tertulis kegiatan penelitian dan pengembangan oleh perguruan tinggi asing, lembaga penelitian dan pengembangan asing, badan usaha asing, dan orang asing di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

15. Pemberian izin tertulis kegiatan penelitian dan pengembangan terapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang beresiko tinggi dan berbahaya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

16. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembina, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BRIN.

17. Pengelolaan barang milik/kejayaan negara yang menjadi tanggung jawab BRIN.

18. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BRIN.

Posisi BRIN memang berbeda dengan perumahan penduduk, karena posisi penginapan BRIN jauh dari pemukiman warga dan ada tembok pembatas yang tinggi sebagai pemisah. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di BRIN adalah bermain di pantai, bermain futsal, sebagian asik tidur di ayunan yang dipasang diantara pohon-pohon, sebagian lainnnya hanya memandangi pantai.

Wisata Pulau Pari

Di BRIN juga salah satu spot untuk hunting sunrise. Sekarang, untuk bermain di BRIN telah dibatasi, tidak boleh semua wisatawan bermain atau menginap di BRIN, harus ada izin nya terlebih dahulu.

Kalau dari dermaga Pulau Pari menuju BRIN lumayan jauh jarak nya, lebih baik kamu naik sepeda atau naik bentor kalau tidak bisa naik sepeda. BRIN tempat yang dikelilingi oleh pantai yang landai dan sangat bagus untuk bermain anak-anak. Penginapannya sangat luas, ada ruang makan sendiri, mushola, mempunyai dermaga kecil sendiri.

Untuk menuju Pulau Pari, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke, Dermaga Marina ancol, Dermaga Tanjung Pasir dan Pelabuhan Tanjung Kait

open trip pulau pari 2 hari 1 malam

Pelabuhan Muara Angke

Pelabuhan Muara Angke berada di daerah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, jenis kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke yaitu kapal fery kayu, bagian bawah ada tempat duduk dan bagian atas duduk dilantai karena tidak ada tempat duduk. Harga tiket dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke ke Pulau Pari yaitu 72.000/orang sekali jalan dan bisa di beli online di www.tiketkapaltradisional.com

Wisata Pulau Pari

Lama perjalanan laut dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari sekitar 1,5 jam dan jadwal keberangkatan kapal yaitu jam 8 pagi dan disarankan sudah tiba di Pelabuhan Muara Angke jam 6 pagi, karena jalan menuju pelabuhan akan macet sekitar jam 7 pagi.

Datang awal di pelabuhan untuk menghindari macet, tertinggal kapal dan kamu bisa sarapan terlebih dahulu sebelum naik kapal. Apabila terlambat datang, kamu akan ditinggal kapal dan hanya ada 1 (satu) kali keberangkatan, tidak ada jadwal lagi di siang hari atau sore hari.

Dermaga Marina Ancol

Dermaga Marina Ancol berada di area Ancol, Pademangan Jakarta Utara, jenis kapal dari Dermaga Marina Ancol yaitu speedboat. Di Dermaga Marina Ancol, kamu bisa ke pulau Pari dengan naik speedboat reguler atau sewa speedboat.

Wisata Pulau Pari

Speedboat reguler itu mampir-mampir terlebih dahulu ke pulau terdekat untuk menurunkan penumpang kemudian lanjut ke pulau tujuan. Apabila ke Pulau Pari, pulau-pulau yang di singgahi sebelum ke Pulau Pari antara lain, Pulau Bidadari dan Pulau Untung Jawa, biasanya di waktu weekend, apabila tidak mampir ke pulau terdekat, bisa langsung menuju Pulau Pari.

Dermaga Kamal Muara

Dermaga Kamal Muara berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Kapal dari Dermaga Kamal Muara ini berkapasitas 50-60 orang dan harus sewa kapal untuk menuju Pulau Pari, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Kamal Muara.

Wisata Pulau Pari

Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Kamal Muara ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Harga sewa kapal dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari beragam harga nya mulai dari 3 jutaan tergantung jumlah penumpang. Lama perjalanan laut dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari sekitar 2 jam

Dermaga Tanjung Pasir

Dermaga Tanjung Pasir berada di Tangerang, Banten. Kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ini berkapasitas 50-90 orang. Untuk menuju Pulau pari, harus sewa kapal, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Tanjung Pasir.

Wisata Pulau Pari

Harga sewa kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ke Pulau Pari harga nya beragam tergantung jumlah penumpang. Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Tanjung Pasir ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa

open trip satu hari pulau pari

Peta Wisata Pulau Pari

Gallery Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari
open trip bromo