Pantai Tanjung Rengge, Spot Sunrise Paling Populer di Pulau Pari

Wisata Pulau Pari

Pantai Tanjung Rengge, berlokasi di Pulau Pari tepat nya di Jl. Pantai Perawan, Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam.

Pantai Tanjung Rengge masih satu wilayah dengan Pantai Pasir Perawan, jarak nya berdekatan. Kalau kamu naik sepeda, dari pantai Pasir Perawan menuju Pantai Tanjung Rengge sekitar 5 menit.

Di Pantai ini salah satu tempat menanam pohon Mangrove, mungkin lebih dari sejuta pohon sudah ditanam di area pantai ini. Pohon Mangrove sangatlah penting. Keberadaan Pantai Tanjung Rengge ini juga menjadi salah satu daya tahan Pulau Pari terhadap abrasi karena di Pantai ini banyak ditanami pohon mangrove yang salah satu fungsi nya adalah menahan abrasi dan menjaga garis pantai.

Suasana alam yang sepi dan sunyi menjadikan tempat ini sebagai pantai yang cocok untuk dinikmati pada saat Sunrise. Selain Sunrise pantai ini juga menampilkan banyak tanaman Mangrove disekelilingnya yang dapat dijadikan objek foto yang bagus.

Wisata Pulau Pari

Pantai Tanjung Rengge terletak di ujung timur Pulau Pari yang terkenal dengan sunrise nya yg indah, untuk hunting sunrise di pantai ini tergantung cuaca juga, apabila awan datang atau mendung, maka kamu tidak bisa menikmati sunrise.

Dibuka nya Pantai Tanjung Rengge ini, membuat wisatawan yang berkunjung mendapatkan suasana baru yang masih segar. Walaupung pantai ini masih tergolong tempat wisata yang baru, sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Menuju Pantai Tanjung Rengge sangatlah mudah, bisa berjalan kaki atau naik sepeda. Jalan menuju pantai ini, kamu akan melewati alang-alang yang jarang ditemui di pulau lain di kepulauan seribu.

Pulau Pari kerap kali dikunjungi wisatawan memang karena Pulau Pari menawarkan keindahan, kesegaran dan membuat rindu ingin berkunjung kembali ke Pulau Pari.

open trip satu hari pulau pari

Selain Pantai Tanjung Rengge, ada beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi, antara lain:

1. Pantai Pasir Perawan

2. Pantai Bintang

3. Bukit Matahari

Pantai Pasir Perawan

Pantai ini termasuk pantai yang favorite dan populer di Pulau Pari. Di pantai, berbagai macam kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah sewa sampan keliling pohon mangrove, sewa kano keliling pantai, camping, main pantai, kuliner, volly pantai, fun game, outbound, gathering, acara musik dan lain sebagainya.

Wisata Pulau Pari

Untuk menunjang aktivitas tersebut, di Pantai Pasir Perawan disediakan toilet umum yang berada di timur dan barat pantai, mushola, lapangan volly, gazebo dan rumah makan

Pantai Bintang

Pantai Bintang Pulau Pari, pantai nya tidak seramai pantai lainnya, namun hal tersebut membuat area pantai ini terasa damai dan syahdu serta cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan dan bersantai di pinggir pantai.

Pantai Bintang memiliki sebuah tugu yang menjadi watermark pantai ini berbentuk Bintang Laut. Tugu ini bahkan dijadikan sebagai spot foto paling populer oleh wisatawan yang berkunjung dan menjadi daya tarik bagi pantai ini.

Bukit Matahari

Bukit Matahari Pulau Pari sebagai tempat oleh wisatawan adalah untuk berburu matahari terbit (Sunrise) di pagi hari dan matahari terbenam (Sunset) di sore hari. Jika melihat lokasi wisata ini, sebetulnya tidak ada bukit yang tampak, hanya berupa lahan kosong yang memanjang dan terdapat gundukan tanah yang lebih tinggi dari lahan yang lain.

Wisata Pulau Pari

Bukit Matahari bukan hanya sebagai tempat melihat Sunrise dan Sunset saja, tapi bisa sebagai tempat nongkrong dan melihat bulan di malam hari, bisa juga untuk tempat Barbeque / bakar ikan laut khas Pulau Seribu. Bagi wisatawan yang mempunyai hobby memancing ikan, tempat ini bisa jadi rekomendasi yang tepat jika anda ingin liburan ke Pulau Pari.

Untuk menuju Pulau Pari, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke, Dermaga Marina ancol, Dermaga Tanjung Pasir dan Pelabuhan Tanjung Kait

Pelabuhan Muara Angke

Pelabuhan Muara Angke berada di daerah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, jenis kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke yaitu kapal fery kayu, bagian bawah ada tempat duduk dan bagian atas duduk dilantai karena tidak ada tempat duduk. Harga tiket dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke ke Pulau Pari yaitu 72.000/orang sekali jalan dan bisa di beli online di www.tiketkapaltradisional.com

Wisata Pulau Pari

Lama perjalanan laut dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari sekitar 1,5 jam dan jadwal keberangkatan kapal yaitu jam 8 pagi dan disarankan sudah tiba di Pelabuhan Muara Angke jam 6 pagi, karena jalan menuju pelabuhan akan macet sekitar jam 7 pagi.

Datang awal di pelabuhan untuk menghindari macet, tertinggal kapal dan kamu bisa sarapan terlebih dahulu sebelum naik kapal. Apabila terlambat datang, kamu akan ditinggal kapal dan hanya ada 1 (satu) kali keberangkatan, tidak ada jadwal lagi di siang hari atau sore hari.

Dermaga Marina Ancol

Dermaga Marina Ancol berada di area Ancol, Pademangan Jakarta Utara, jenis kapal dari Dermaga Marina Ancol yaitu speedboat. Di Dermaga Marina Ancol, kamu bisa ke pulau Pari dengan naik speedboat reguler atau sewa speedboat.

Wisata Pulau Pari

Speedboat reguler itu mampir-mampir terlebih dahulu ke pulau terdekat untuk menurunkan penumpang kemudian lanjut ke pulau tujuan. Apabila ke Pulau Pari, pulau-pulau yang di singgahi sebelum ke Pulau Pari antara lain, Pulau Bidadari dan Pulau Untung Jawa, biasanya di waktu weekend, apabila tidak mampir ke pulau terdekat, bisa langsung menuju Pulau Pari.

Dermaga Kamal Muara

Dermaga Kamal Muara berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Kapal dari Dermaga Kamal Muara ini berkapasitas 50-60 orang dan harus sewa kapal untuk menuju Pulau Pari, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Kamal Muara.

Wisata Pulau Pari

Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Kamal Muara ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Harga sewa kapal dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari beragam harga nya mulai dari 3 jutaan tergantung jumlah penumpang. Lama perjalanan laut dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari sekitar 2 jam

Dermaga Tanjung Pasir

Dermaga Tanjung Pasir berada di Tangerang, Banten. Kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ini berkapasitas 50-90 orang. Untuk menuju Pulau pari, harus sewa kapal, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Tanjung Pasir.

Wisata Pulau Pari

Harga sewa kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ke Pulau Pari harga nya beragam tergantung jumlah penumpang. Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Tanjung Pasir ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa

open trip pulau pari 2 hari 1 malam

Peta Wisata Pulau Pari

Gallery Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari
open trip bromo