Snorkeling Di Pulau Pari

Wisata Pulau Pari

Snorkeling atau selam permukaan dalam bahasa Indonesia nya, di Pulau Pari merupakan salah satu aktivitas wisata yang wajib kamu lakukan. Berbagai manfaat yang dapat kamu rasakan apabila kamu beraktivitas snorkeling.

Snorkeling adalah kegiatan untuk melihat pemandangan bawah laut dari permukaan air yang tidak terlalu dalam. Ketika melakukan snorkeling, sebaiknya kamu melakukan penyelaman sedalam 1 sampai 3 meter saja. Apabila kamu terus melakukan penyelaman tanpa alat tabung oksigen, hal ini dapat memicu gangguan pada paru-paru.

Walaupun terbatas, kamu tetap dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah dan segar. Bahkan kamu bisa menikmati terumbu karang hingga ikan-ikan kecil yang berada di sekitar terumbu karang.

Aktivitas ini juga bisa dilakukan siapa saja, bahkan yang belum bisa berenang sekalipun. Karena saat melakukannya kamu akan memakai berbagai pelengkapan alat snorkeling salahsatu nya jaket pelampung. Selain jaket pelampung, kamu juga membutuhkan peralatan lainnya. Seperti kacamata berenang, snorkle dan kaki katak atau fin.

Tidak lupa untuk menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya atau sunblock. Pastikan memilih produk yang ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk mencegah bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan makhluk hidup dan merangsang kerusakan pada terumbu karang.

Snorkeling dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu menguasai teknik berenang yang ahli. Namun kamu perlu pengetahuan dasar seperti cara menggunakan alat snorkle dan bernapas ketika kamu berada di dalam air.

Wisata Pulau Pari

Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

Menkmati keindahan alam bawah laut tidak kalah seru nya dari pemandangan alam di darat. Apabila belum bisa melakukan penyelaman dengan jarak yang dalam, kamu juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati underwater laut.

Teknik Dasar Snorkeling untuk Pemula

Gunakan masker selam hingga menutup mata dan hidung. Posisikan ujung snorkel dekat dengan mulut. Dengan jaket pelampung, cobalah untuk mengambang secara datar di permukaan air. Kemudian, perlahan masukkan ujung snorkel ke dalam mulut.

Bernapaslah perlahan melalui mulut menggunakan snorkle. Apabila ingin menikmati pemandangan bawah laut, jangan kemana-mana. Jika ingin berpindah tempat, bisa melakukan gerakan renang dengan santai untuk menuju lokasi yang inginkan.

Untuk yang baru mencoba, sebaiknya hindari tidak melakukannya sendiri. Ada baiknya lakukan dalam berkelompok dan ada pemandu snorkeling nya. Waktu terbaik untuk snorkeling adalah saat cuaca cerah. Lakukan kegiatan ini saat cuaca sedang cerah dan pastikan kamu berada di laut dengan kondisi ombak yang tenang.

Dengan begitu, snorkeling kamu lebih aman dan pastinya menyenangkan. Diusahakan tidak menyentuh terumbu karang apalagi berdiri di atasnya. Hal ini dapat merangsang kerusakan lingkungan laut.

Wisata Pulau Pari

Manfaat Snorkeling Untuk Kesehatan

1. Menurunkan tingkat stres Snorkeling dapat menurunkan tingkat stres kamu. Aktivitas mengayuh air lewat tangan dan tendangan kaki dapat membantu kamu merasa lebih tenang dan lebih terhubung langsung dengan alam.

2. Membakar kalori Snorkeling dapat membakar kalori antara 250 – 300 per jam. Ketika ber-snorkeling, kamu akan bergerak dan berpindah tempat, terkadang melawan arus air. Aktivitas ini dapat membakar kalori yang cukup banyak.

3. Meningkatkan sistem pernapasan Kegiatan ini dapat meningkatkan penyerapan oksigen secara optimal dan maksimal. Kemampuan sistem pernapasan yang berfungsi dengan baik adalah tanda kebugaran yang baik.

Bernapas dengan menggunakan snorkle memerlukan lebih banyak energi daripada bernapas secara bebas. Apabila kamu sudah terbiasa berenang, dapat memiliki sistem pernapasan yang lebih efisien.

4. Meningkatkan mobilitas sendi Snorkeling adalah jenis olahraga yang memiliki dampak rendah pada sendi dan tidak menyebabkan stres pada sendi. Aktivitas ini membuat kamu mengurangi rasa nyeri.

Berada dalam air memungkinkan pergerakan pergelangan kaki, lutut, dan bahu dengan rentang gerak penuh, yang dapat meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas sendi.

5. Meningkatkan kerja sistem kardiovaskular Aktivitas air ini memiliki potensi untuk meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga memperkuat otot jantung. Snorkeling berkontribusi pada peningkatan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Sebagai contoh, snorkeling dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti kolesterol tinggi, gagal jantung dan jantung koroner.

Untuk menuju Pulau Pari, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke, Dermaga Marina ancol, Dermaga Tanjung Pasir dan Pelabuhan Tanjung Kait

open trip pulau pari 2 hari 1 malam

Pelabuhan Muara Angke

Pelabuhan Muara Angke berada di daerah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, jenis kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke yaitu kapal fery kayu, bagian bawah ada tempat duduk dan bagian atas duduk dilantai karena tidak ada tempat duduk. Harga tiket dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke ke Pulau Pari yaitu 72.000/orang sekali jalan dan bisa di beli online di www.tiketkapaltradisional.com

Wisata Pulau Pari

Lama perjalanan laut dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari sekitar 1,5 jam dan jadwal keberangkatan kapal yaitu jam 8 pagi dan disarankan sudah tiba di Pelabuhan Muara Angke jam 6 pagi, karena jalan menuju pelabuhan akan macet sekitar jam 7 pagi.

Datang awal di pelabuhan untuk menghindari macet, tertinggal kapal dan kamu bisa sarapan terlebih dahulu sebelum naik kapal. Apabila terlambat datang, kamu akan ditinggal kapal dan hanya ada 1 (satu) kali keberangkatan, tidak ada jadwal lagi di siang hari atau sore hari.

Dermaga Marina Ancol

Dermaga Marina Ancol berada di area Ancol, Pademangan Jakarta Utara, jenis kapal dari Dermaga Marina Ancol yaitu speedboat. Di Dermaga Marina Ancol, kamu bisa ke pulau Pari dengan naik speedboat reguler atau sewa speedboat.

Wisata Pulau Pari

Speedboat reguler itu mampir-mampir terlebih dahulu ke pulau terdekat untuk menurunkan penumpang kemudian lanjut ke pulau tujuan. Apabila ke Pulau Pari, pulau-pulau yang di singgahi sebelum ke Pulau Pari antara lain, Pulau Bidadari dan Pulau Untung Jawa, biasanya di waktu weekend, apabila tidak mampir ke pulau terdekat, bisa langsung menuju Pulau Pari.

Dermaga Kamal Muara

Dermaga Kamal Muara berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Kapal dari Dermaga Kamal Muara ini berkapasitas 50-60 orang dan harus sewa kapal untuk menuju Pulau Pari, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Kamal Muara.

Wisata Pulau Pari

Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Kamal Muara ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Harga sewa kapal dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari beragam harga nya mulai dari 3 jutaan tergantung jumlah penumpang. Lama perjalanan laut dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Pari sekitar 2 jam

Dermaga Tanjung Pasir

Dermaga Tanjung Pasir berada di Tangerang, Banten. Kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ini berkapasitas 50-90 orang. Untuk menuju Pulau pari, harus sewa kapal, tidak ada kapal reguler dari Dermaga Tanjung Pasir.

Wisata Pulau Pari

Harga sewa kapal dari Dermaga Tanjung Pasir ke Pulau Pari harga nya beragam tergantung jumlah penumpang. Setiap weekend Sabtu Minggu, Dermaga Tanjung Pasir ini dipenuhi wisatawan yang akan berangkat menuju Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa

open trip satu hari pulau pari

Peta Wisata Pulau Pari

Gallery Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari
open trip bromo